Ada banyak alasan mengapa orang tua memilih menggunakan popok untuk bayinya.  Lebih praktis karena tidak gonta-ganti popok terus mungkin menjadi salah satu alasannya. Terlepas dari alasan tersebut ada banyak sekali jenis popok dan merek yang bisa dipilih seperti halnya dengan jual Mamypoko. Namun jauh lebih baik jika Anda memperhatikan aturan ini untuk penggantian popok bayi.

Ganti Popok Secara Rutin

Masing-masing popok tentunya memiliki daya tampung yang berbeda-beda ya, sehingga waktu untuk menggantinya juga beda. Oleh sebab itu rajin periksa popok bayi secara berkala apakah memang sudah mencapai daya tampung atau belum. Sebenarnya tidak ada patokan khusus dalam mengganti popok. Namun jika terlalu lama akan menjadikan ruam, Anda bisa segera menggantinya jika sudah penuh.

Segera bersihkan jika bayi terlihat sudah buang air besar, jangan pernah Anda membiarkan hingga popok bocor ya. Bisa dibayangkan jika mengenakan popok kotor tentunya tidak akan bagi untuk kebersihan dan kenyamanan bayi.

Gunakan Tempat Datar untuk Mengganti Popok

Usahakan untuk sebisa mungkin Anda mencari tempat bersih serta data ketika mengganti popok. Jangan lupa pula untuk memberikan alas yang nyaman. Pada tempat yang datar dan nyaman akan memudahkan dalam pemasangan popok.

Jangan Lupa Cuci Tangan

Area bokong maupun kelamin bayi termasuk bagian atau area kulit sensitif jadi jauh lebih baik jika tidak terpapar bakteri maupun kotoran. Cuci kedua tangan Anda sebelum mengganti popok, sebab kulit tangan tentunya akan menyentuh kulit bayi pada area yang sensitif ini.

Paling tidak Anda bisa membasuh tangan menggunakan tisu basah sebelum Anda mengganti popok. Jika sudah selesai jangan lupa pula cuci tangan lagi agar bisa memastikan tidak ada paparan urine maupun kotoran bayi di tangan Anda.

Bersihkan Bokong Bayi dengan Kapas Basah

Ketika Anda mengganti popok sangat disarankan untuk membersihkan kotor yang masih menempel pada kulit bayi menggunakan air hangat maupun handuk bersih. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin mencucinya dengan kapas lembut yang sudah dibasahi air hangat.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah tetap mengelapnya dengan handuk persih dan kering ketika sudah dibilas menggunakan kapas basah, tisu basah dan handuk. Walaupun bayi Anda hanya pipis atau buang air kecil di popok. Jauh lebih baik jika tetap dibasuh bokongnya menggunakan kapas basah kemudian ganti menggunakan kapas baru.

Di atas adalah beberapa hal yang perlu  Anda perhatikan saat mengganti popok untuk bayi. Meskipun ukurannya sudah sesuai namun menjaga kebersihan bayi terutama pada alat kelamin adalah hal yang sangat penting. Selain itu beli popok yang berkualitas di toko perlengkapan bayi terdekat atau lewat online. Jangan sembarangan memberikan popok ya, tetap pilih yang berkualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *