Ketika Anda memutuskan untuk meminjam uang secara online melalui perusahaan financial technology, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Tidak hanya memperhatikan masalah bunga dan denda yang dibebankan, namun juga memperhatikan apakah perusahaan aplikasi pinjaman online itu aman dan terpercaya atau tidak. Jangan sampai Anda salah memilih perusahaan fintech bodong dan ilegal.

Rekomendasi Pinjaman Online Terpercaya

 

Ada banyak aplikasi untuk pinjaman online yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, berikut ini adalah 5 rekomendasi aplikasi pinjaman secara online yang aman dan terpercaya.

1.     Tunaiku

Yang pertama adalah aplikasi Tunaiku. Aplikasi pinjaman online ini merupakan produk digital dari Bank Amar Indonesia. Beroperasi sejak tahun 2014 dan masih eksis sampai sekarang menjadi bukti bahwa Tunaiku dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pinjaman online terpercaya.

 

Tunaiku menjunjung tinggi asas transparansi. Tidak ada biaya yang disembunyikan dari konsumen. Semua jenis biaya yang dibebankan pada saat pinjaman online bisa Anda ketahui dengan pasti nominalnya. Ada biaya administrasi, bunga pinjaman, dan denda keterlambatan. Jika Anda ingin melakukan pelunasan dipercepat, tidak ada denda atau biaya yang harus Anda bayarkan alias gratis.

 

Jumlah pinjaman yang diberikan Tunaiku mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp20.000.000 tanpa jaminan. Anda yang berusia 21 sampai dengan 55 tahun bisa mengajukan pinjaman dengan bermodal KTP dan mengisi formulir pengajuan pinjaman online yang tersedia. Pinjaman Anda akan diproses dalam 24 jam setelah pengajuan.

2.     Kredit pintar

Yang kedua adalah aplikasi kredit pintar. Aplikasi pinjaman online ini telah terdaftar dan mengantongi izin operasi dari OJK. Tidak hanya aman, mengajukan pinjaman online melalui Kredit Pintar ini juga relatif mudah dengan persyaratan yang tidak ribet.

 

Berikut ini adalah syarat pengajuan pinjaman online di Kredit Pintar :

 

  • KTP
  • Memiliki rekening bank atas nama peminjam
  • Berstatus WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Berusia 18-21 tahun (untuk yang belum menikah) dan berusia 22-60 tahun (untuk yang sudah menikah)

3.     Kredivo

Yang ketiga adalah Kredivo. Sama seperti Kredit Pintar dan Tunaiku, Kredivo juga sudah terdaftar dan mengantongi izin operasi dari OJK. Untuk pengajuan pinjaman online melalui Kredivo, berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi :

  • Berstatus WNI
  • Berusia 18-60 tahun
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3.000.000 per bulan
  • Berdomisili di daerah operasional Kredivo

4.     Uang teman

Yang keempat adalah aplikasi Uang Teman. Aplikasi yang beroperasi sejak April 2015 ini juga telah masuk dalam daftar Perusahaan Fintech Lending Berizin dan Terdaftar di OJK.

 

Aplikasi pinjaman ini memiliki sistem pembayaran yang sedikit berbeda dengan aplikasi pinjol lainnya. Jika mayoritas aplikasi pinjaman memberlakukan sistem cicilan, Uang Teman menggunakan sistem satu kali pembayaran.

Uang Teman menawarkan pinjaman mulai dari Rp2.000.000 dengan persyaratan berikut :

 

  • WNI
  • Berusia 21-65 tahun
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan

5.     DanaRupiah

Aplikasi pinjaman yang aman dan terdaftar OJK lainnya adalah DanaRupiah. Ini merupakan aplikasi pinjaman secara online di bawah naungan PT Layanan Keuangan Berbagi. DanaRupiah menawarkan pinjaman mulai dari Rp400.000 sampai dengan Rp8.000.000 dengan syarat sebagai berikut :

  • Berstatus WNI
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Menunjukkan foto KTP

Demikian 5 rekomendasi aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya. Terdaftar dan memiliki izin operasi dari OJK merupakan indikator paling mudah untuk menentukan apakah pinjaman online tersebut aman atau tidak. Pinjaman online yang terdaftar di OJK, wajib mematuhi aturan yang sudah dibuat oleh OJK. Aturan inilah yang melindungi konsumen, baik dari pencurian data maupun dari beban biaya yang tidak masuk akal.