Bagi pemilik blog, hal yang paling menyenangkan adalah saat artikel kita memberikan manfaat bagi pembaca, dan postingan tersebut disebar melalui media sosial.

 

Dalam istilah SEO, ini dikenal dengan Natural Backlink, walau tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap faktor kenaikan ranking keyword, tapi tetap membantu sang pembuat artikel mendapatkan awareness.

faktor kenaikan ranking keyword

Blog sering dijadikan platform oleh penulisnya untuk mengembangkan skill menulis dan juga mempelajari hal-hal baru, seperti pengembangan web (web development) dan manajemen konten.

 

Bagi mereka yang serius melakukan hal ini, akan memberikan keuntungan, selain mendapatkan Backlink yang mendukung proses SEO. Lalu bagaimana sih bentuk konten yang dapat menarik backlink secara natural?

Bentuk-bentuk konten yang menarik backlink

Backlink ke postingan menjadi skor dan catatan penting bagi pemilik blog, selain membantu meningkatkan peringkat website di hasil pencarian, juga bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke situs kita.

 

Untuk mendapatkan itu semua, berikut adalah bentuk-bentuk konten yang banyak menarik backlink secara natural.

Konten Berbentuk Problem Solving

Orang mencari karena mereka memiliki masalah, maka konten terbaik yang bisa mendapatkan banyak backlink bisa dimulai dengan menyediakan solusi untuk masalah tersebut secara rinci.

 

Biasanya konten seperti ini akan menjadi bahan rujukan saat seseorang menulis kembali ringkasan dalam blog-blog mereka.

Postingan Berbentuk Daftar/List

List post atau daftar biasanya berisi opsi yang disusun dengan urutan atau rincian. Misalnya 5 cara menggoreng ayam agar renyah. Usahakan saat membuat list post kita fokus pada topik tertentu, menawarkan sejumlah poin yang paling mudah, dan menyediakan kesimpulan singkat.

 

Dengan daftar ini, memungkinkan kita mendapatkan backlink secara natural di kemudian hari.

Konten Informatif Yang Kaya

Konten informatif yang kaya disini adalah konten dengan gambar atau video yang sesuai dengan topik yang dibahas.

 

Konten yang variatif, bisa membuat orang mengambil foto tersebut dan digunakan sebagai referensi saat mereka melakukan proses pembuatan artikel. Hal ini tentu menguntungkan untuk mendatangkan backlink secara natural bagi situs kita.

 

Sesungguhnya masih banyak contoh konten yang bisa memancing backlink secara alami datang ke website kita, cukup dengan pintar-pintar memanfaatkan media yang kita miliki, atau dengan rajin mempromosikan konten kita.

 

Selain itu, konten yang berkualitas masih menjadi faktor penting agar orang dengan sukarela mau meletakan natural backlink ke situs kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan kalian bisa merasakan peningkatan pada website kalian.